Minggu, 28 Februari 2010

Contoh Makalah Pendidikan

info terbaikDownload Panduan Lulus Tes PNS disini.....

Contoh Makalah - Kali ini Saya hanya mau berbagi satu contoh makalah pendidikan yang memang kebetulan di dapat dari sebuah sumber di internet.

Semoga dengan sedikit info dari contoh makalah dibawah ini, bisa dijadikan panduan bagi teman teman yang kebetulan lagi mencari contoh makalah buat keperluan sekolah, kuliah, atau yang lain . Untuk masalah pengeditan nya, semua bisa disesuaikan dengan kebutuhan kawan sekalian. Sukses.

Kalau kawan suka artikel ini, silakan klik tombol "like" dibawah untuk berbagi ke Facebook

Makalah Tentang Model Pembelajaran Kooperatif

Bab I
Pendahuluan


A. Latar Belakang

Mata pelajaran Matematika perlu diberikan kepada semua peserta didik mulai dari sekolah dasar untuk membekali mereka dengan kemampuan berpikir logis, analitis, sistematis, kritis dan kreatif serta kemampuan bekerja sama. Dalam membelajarkan matematika kepada siswa, apabila guru masih menggunakan paradigma pembelajaran lama dalam arti komunikasi dalam pembelajaran matematika cenderung berlangsung satu arah umumnya dari guru ke siswa, guru lebih mendominasi pembelajaran maka pembelajaran cenderung monoton sehingga mengakibatkan peserta didik (siswa) merasa jenuh dan tersiksa. Oleh karena itu dalam membelajarkan matematika kepada siswa, guru hendaknya lebih memilih berbagai variasi pendekatan, strategi, metode yang sesuai dengan situasi sehingga tujuan pembelajaran yang direncanakan akan tercapai. Perlu diketahui bahwa baik atau tidaknya suatu pemilihan model pembelajaran akan tergantung tujuan pembelajarannya, kesesuaian dengan materi pembelajaran, tingkat perkembangan peserta didik (siswa), kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran serta mengoptimalkan sumber-sumber belajar yang ada.


B. Tujuan
Tulisan ini bertujuan untuk menambah wawasan para pembaca, khususnya para mahasiswa jurusan matematika, fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Universitas Lampung agar nantinya dalam membuat rencana pelaksanaan pembelajaran dapat menerapkan model pembelajaran kooperatif yang sesuai
dengan tingkat perkembangan siswa dan materi pembelajaran.


Bab II
Model Pembelajaran Kooperatif


A. Pengertian Model Pembelajaran Kooperatif
Usaha-usaha guru dalam membelajarkan siswa merupakan bagian yang sangat
penting dalam mencapai keberhasilan tujuan pembelajaran yang sudah direncanakan. Oleh karena itu pemilihan berbagai metode, strategi, pendekatan serta teknik pembelajaran merupakan suatu hal yang utama. Menurut Eggen dan Kauchak dalam Wardhani(2005), model pembelajaran adalah pedoman berupa program atau petunjuk strategi mengajar yang dirancang untuk mencapai suatu pembelajaran. Pedoman itu memuat tanggung jawab guru dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi kegiatan pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan guru adalah model pembelajaran kooperatif.


Apakah model pembelajaran kooperatif itu? Model pembelajaran kooperatif
merupakan suatu model pembelajaran yang mengutamakan adanya kelompok-kelompok.Setiap siswa yang ada dalam kelompok mempunyai tingkat kemampuan yang berbeda-beda (tinggi, sedang dan rendah) dan jika memungkinkan anggota kelompok berasal dari ras, budaya, suku yang berbeda serta memperhatikan kesetaraan jender. Model pembelajaran kooperatif mengutamakan kerja sama dalam menyelesaikan permasalahan untuk menerapkan pengetahuan dan keterampilan dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran. Menurut Nur (2000), semua model pembelajaran ditandai dengan adanya struktur tugas, struktur tujuan dan struktur penghargaan. Struktur tugas, struktur tujuan dan struktur penghargaan pada model pembelajaran kooperatif berbeda dengan struktur tugas, struktur tujuan serta struktur penghargaan model pembelajaran yang lain.

Tujuan model pembelajaran kooperatif adalah hasil belajar akademik siswa meningkat dan siswa dapat menerima berbagai keragaman dari temannya, serta pengembangan keterampilan sosial.


B. Prinsip Dasar Dan Ciri-Ciri Model Pembelajaran Kooperatif

Menurut Nur (2000), prinsip dasar dalam pembelajaran kooperatif sebagai berikut:

1.Setiap anggota kelompok (siswa) bertanggung jawab atas segala sesuatu yang dikerjakan dalam kelompoknya.

2.Setiap anggota kelompok (siswa) harus mengetahui bahwa semua anggota

3.kelompok mempunyai tujuan yang sama.

4.Setiap anggota kelompok (siswa) harus membagi tugas dan tanggung jawab yang sama diantara anggota kelompoknya.

5.Setiap anggota kelompok (siswa) akan dikenai evaluasi.

6.Setiap anggota kelompok (siswa) berbagi kepemimpinan dan membutuhkan keterampilan untuk belajar bersama selama proses belajarnya.

7.Setiap anggota kelompok (siswa) akan diminta mempertanggungjawabkan secara individual materi yang ditangani dalam kelompok kooperatif.

Sedangkan ciri-ciri model pembelajaran kooperatif adalah sebagai berikut :
1. Siswa dalam kelompok secara kooperatif menyelesaikan materi belajar sesuai kompetensi dasar yang akan dicapai.

2. Kelompok dibentuk dari siswa yang memiliki kemampuan yang berbeda-beda, baik tingkat kemampuan tinggi, sedang dan rendah. Jika mungkin anggota kelompok berasal dari ras, budaya, suku yang berbeda serta memperhatikan kesetaraan jender.

3. Penghargaan lebih menekankan pada kelompok dari pada masing-masing individu.

Dalam pembelajaran kooperatif dikembangkan diskusi dan komunikasi dengan tujuan agar siswa saling berbagi kemampuan, saling belajar berpikir kritis, saling menyampaikan pendapat, saling memberi kesempatan menyalurkan kemampuan, saling membantu belajar, saling menilai kemampuan dan peranan diri sendiri maupun teman lain.


C. Langkah-langkah Pembelajaran Kooperatif

Terdapat 6(enam) langkah dalam model pembelajaran kooperatif.

1. Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan mengkomunikasikan kompetensi dasar yang akan dicapai serta memotivasi siswa.

2. Menyajikan informasi.
Guru menyajikan informasi kepada siswa.

3.Mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok-kelompok belajar.
Guru menginformasikan pengelompokan siswa.

4.Membimbing kelompok belajar.
Guru memotivasi serta memfasilitasi kerja siswa dalam kelompok kelompok belajar.

5. Evaluasi.
Guru mengevaluasi hasil belajar tentang materi pembelajaran yang telah dilaksanakan.

6.Memberikan penghargaan.
Guru memberi penghargaan hasil belajar individual dan kelompok.

Bab III
Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD

A. Pengertian Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD
Pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) yang dikembangkan oleh Robert Slavin dan teman-temannya di Universitas John Hopkin (dalam Slavin, 1995) merupakan pembelajaran kooperatif yang paling sederhana, dan merupakan pembelajaran kooperatif yang cocok digunakan oleh guru yang baru mulai menggunakan pembelajaran kooperatif.

Student Team Achievement Divisions (STAD) adalah salah satu tipe pembelajaran kooperatif yang paling sederhana. Siswa ditempatkan dalam tim belajar beranggotakan empat orang yang merupakan campuran menurut tingkat kinerjanya, jenis kelamin dan suku. Guru menyajikan pelajaran kemudian siswa bekerja dalam tim untuk memastikan bahwa seluruh anggota tim telah menguasai pelajaran tersebut. Akhirnya seluruh siswa dikenai kuis tentang materi itu dengan catatan, saat kuis mereka tidak boleh saling membantu. Tipe pembelajaran inilah yang akan diterapkan dalam pembelajaran matematika.

Model Pembelajaran Koperatif tipe STAD merupakan pendekatan Cooperative Learning yang menekankan pada aktivitas dan interaksi diantara siswa untuk saling memotivasi dan saling membantu dalam menguasai materi pelajaran guna mencapai prestasi yang maksimal. Guru yang menggunakan STAD mengajukan informasi akademik baru kepada siswa setiap minggu mengunakan presentasi Verbal atau teks.

B. Tahap Pelaksanaan Pembelajaran Model STAD.
1.Persiapan materi dan penerapan siswa dalam kelompok
Sebelum menyajikan guru harus mempersiapkan lembar kegiatan dan lembar jawaban yang akan dipelajarai siswa dalam kelompok-kelomok kooperatif. Kemudian menetapkan siswa dalam kelompok heterogen dengan jumlah maksimal 4 - 6 orang, aturan heterogenitas dapat berdasarkan pada :
a).Kemampuan akademik (pandai, sedang dan rendah)
Yang didapat dari hasil akademik (skor awal) sebelumnya. Perlu diingat pembagian itu harus diseimbangkan sehingga setiap kelompok terdiri dari siswa dengan siswa dengan tingkat prestasi seimbang.
b). Jenis kelamin, latar belakang sosial, kesenangan bawaan/sifat (pendiam dan aktif), dll.
2. Penyajian Materi Pelajaran
a. Pendahuluan
Di sini perlu ditekankan apa yang akan dipelajari siswa dalam kelompok dan menginformasikan hal yang penting untuk memotivasi rasa ingin tahu siswa tentang konsep-konsep yang akan mereka pelajari. Materi pelajaran dipresentasikan oleh guru dengan menggunakan metode pembelajaran. Siswa mengikuti presentasi guru dengan seksama sebagai persiapan untuk mengikuti tes berikutnya
b. Pengembangan
Dilakukan pengembangan materi yang sesuai yang akan dipelajari siswa dalam kelompok. Di sini siswa belajar untuk memahami makna bukan hafalan. Pertanyaan-peranyaan diberikan penjelasan tentang benar atau salah. Jika siswa telah memahami konsep maka dapat beralih kekonsep lain.
c. Praktek terkendali
Praktek terkendali dilakukan dalam menyajikan materi dengan cara menyuruh siswa mengerjakan soal, memanggil siswa secara acak untuk menjawab atau menyelesaikan masalah agar siswa selalu siap dan dalam memberikan tugas jangan menyita waktu lama.
3.Kegiatan kelompok
Guru membagikan LKS kepada setiap kelompok sebagai bahan yang akan dipelajari siswa. Isi dari LKS selain materi pelajaran juga digunakan untuk melatih kooperatif. Guru memberi bantuan dengan memperjelas perintah, mengulang konsep dan menjawab pertanyaan. Dalam kegiatan kelompok ini, para siswa bersama-sama mendiskusikan masalah yang dihadapi, membandingkan jawaban, atau memperbaiki miskonsepsi. Kelompok diharapkan bekerja sama dengan sebaik-baiknya dan saling membantu dalam memahami materi pelajaran.
4.Evaluasi
Dilakukan selama 45 - 60 menit secara mandiri untuk menunjukkan apa yang telah siswa pelajari selama bekerja dalam kelompok. Setelah kegiatan presentasi guru dan kegiatan kelompok, siswa diberikan tes secara individual. Dalam menjawab tes, siswa tidak diperkenankan saling membantu. Hasil evaluasi digunakan sebagai nilai perkembangan individu dan disumbangkan sebagai nilai perkembangan kelompok.
5. Penghargaan kelompok
Setiap anggota kelompok diharapkan mencapai skor tes yang tinggi karena skor ini akan memberikan kontribusi terhadap peningkatan skor rata-rata kelompok. Dari hasil nilai perkembangan, maka penghargaan pada prestasi kelompok diberikan dalam tingkatan penghargaan seperti kelompok baik, hebat dan super.
6.Perhitungan ulang skor awal dan pengubahan kelompok
Satu periode penilaian (3 – 4 minggu) dilakukan perhitungan ulang skor evaluasi sebagai skor awal siswa yang baru. Kemudian dilakukan perubahan kelompok agar siswa dapat bekerja dengan teman yang lain.

C. Materi Matematika yang Relevan dengan STAD.
Materi-materi matematika yang relevan dengan pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) adalah materi-materi yang hanya untuk memahami fakta-fakta, konsep-konsep dasar dan tidak memerlukan penalaran yang tinggidan juga hapalan, misalnya bilangan bulat, himpunan-himpunan, bilangan jam, dll. Dengan penyajian materi yang tepat dan menarik bagi siswa, seperti halnya pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat memaksimalkan proses pembelajaran sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.

D. Keunggulan Model Pembelajaran Tipe STAD
Keunggulan dari metode pembelajaran kooperatif tipe STAD adalah adanya kerja sama dalam kelompok dan dalam menentukan keberhasilan kelompok ter tergantung keberhasilan individu, sehingga setiap anggota kelompok tidak bisa menggantungkan pada anggota yang lain. Pembelajaran kooperatif tipe STAD menekankan pada aktivitas dan interaksi diantara siswa untuk saling memotivasi saling membantu dalam menguasai materi pelajaran guna mencapai prestasi yang maksimal.



BAB IV
Simpulan dan Saran

A. Simpulan

1. Pembelajaran kooperatif adalah strategi belajar dimana siswa belajar dalam kelompok kecil yang memiliki tingkat kemampuan yang berbeda
2. Pembelajaran dengan pendekatan keterampilan proses dalam seting pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat mengubah pembelajaran dari teacher center menjadi student centered.
3. Pada intinya konsep dari model pembelajaran tipe STAD adalah Guru menyajikan pelajaran kemudian siswa bekerja dalam tim untuk memastikan bahwa seluruh anggota tim telah menguasai pelajaran tersebut


Saran

1.Diharapkan guru mengenalkan dan melatihkan keterampilan proses dan keterampilam kooperatif sebelum atau selama pembelajaran agar siswa mampu menemukan dan mengembangkan sendiri fakta dan konsep serta dapat menumbuhkan dan mengembangkan sikap dan nilai yang dituntut.
2.Agar pembelajaran dengan pendekatan keterampilan proses berorientasi pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat berjalan, sebaiknya guru membuat perencanaan mengajar materi pelajaran, dan menentukan semua konsep-konsep yang akan dikembangkan, dan untuk setiap konsep ditentukan metode atau pendekatan yang akan digunakan serta keterampilan proses yang akan dikembangkan.


DAFTAR PUSTAKA


Ismail. (2003). Media Pembelajaran (Model-model Pembelajaran). Jakarta: Proyek Peningkatan Mutu SLTP.

Sri Wardhani. (2006). Contoh Silabus dan RPP Matematika SMP. Yogyakarta: PPPG Matematika.

Tim PPPG Matematika. (2003). Beberapa Teknik, Model dan Strategi Dalam
Pembelajaran Matematika. Bahan Ajar Diklat di PPPG Matematika, Yogyakarta: PPPG Matematika.

Widowati, Budijastuti. 2001 Pembelajaran Kooperatif. Surabaya : Universitas Negeri Surabaya.



sumber asli:
http://makalah-di.blogspot.com/2009/11/makalah-tentang-model-pembelajaran.html

Ini hanya contoh makalah pendidikan sederhana yang bisa saya tampilkan. Ada komentar, akan senang sekali jika ditulis dibawah. :)

Ayo Gabung FansPage di Facebook!!

Yuk Komentar/Diskusi tentang "Contoh Makalah Pendidikan" di Facebook.

46 komentar:

yudi on 1 Maret 2010 pukul 18.31

formatnya memang harus selalu persis seperti itu ya?

Seguros on 2 Maret 2010 pukul 20.38

I am looking forward to read your next great article... Nice article, thanks.

Belajar Ngeblog on 17 Maret 2010 pukul 19.45

@yudi: gak harus mas ;)

habibi el_balaQie on 14 April 2010 pukul 09.14

buat makalah tu benernya sulit dari apanya sih????

Contoh makalah on 2 Juli 2010 pukul 04.01

mantap..

vaizah on 27 Juli 2010 pukul 04.27

makachi udh bntu akk ngrjain pr

Mas Tirta on 27 Agustus 2010 pukul 22.57

Thank's bro..

jurnal sengop on 17 September 2010 pukul 04.04

ooh at least ! thanks buat yang udah ngepost makalah ini .

dunia high-tech on 17 September 2010 pukul 23.19

thanks infonya

dilla on 19 September 2010 pukul 07.38

thank you so much for the article ;)

Anonim on 29 September 2010 pukul 14.33

terima kasih, pak

Anonim on 1 Oktober 2010 pukul 20.54

Thx yah contohnya mas, soalnya ni buat ajarin adik saya juga..

Anonim on 7 Oktober 2010 pukul 23.24

Tulisan ini memberi inspirasi...Trims

zake on 9 Oktober 2010 pukul 17.09

yuhu thanks bangetzzzz

Anonim on 13 Oktober 2010 pukul 03.49

makasi banyak yaaa

acuun on 9 November 2010 pukul 01.11

aha.......... ini yang Quw cari-cari...........

Anonim on 20 November 2010 pukul 17.55

BAGUS TUK TEMEN PEMULA

zhe on 6 Desember 2010 pukul 03.43

pas buka langsung dapat ne artikel.bantu adikku banget alnya ada tugas dari skulnya

amel on 18 Desember 2010 pukul 19.09

mksh,,atas contohx,,,,ya,,,

Anonim on 12 Januari 2011 pukul 05.44

mkasihhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh

jampang on 12 Januari 2011 pukul 05.47

makalah ini sangat berarti buat para pelajar....

thanks ya buat contohnya...........

Anonim on 14 Januari 2011 pukul 04.46

matur thanQ...................

Anonim on 14 Januari 2011 pukul 04.48

Thanx...........buangeeeeeet by irfan

Anonim on 16 Januari 2011 pukul 23.11

Thanks banget yahh

by : yaya

Anonim on 17 Januari 2011 pukul 05.18

makasih banget yaaaaaaaaaaaaaaa
berkat contohnya sya bisa bantu temen saya bkin tugas kuliahnya

by.fitra radianto

Anonim on 24 Januari 2011 pukul 23.39

TNKS eaaaaaaaaaaaa




by prety bieber

Contoh Makalah on 2 Februari 2011 pukul 23.44

banyak banget dicari.. ^^

Makalah Pendidikan on 22 Maret 2011 pukul 06.33

Terima kasiiiiiiihh.....

lemited edition on 2 April 2011 pukul 04.38

aq izin copy
makasih,,,

Anonim on 4 April 2011 pukul 04.27

aq copy eaaaaaaa.....

Obat Mata Minus Silinder Plus & Katarak on 20 April 2011 pukul 22.32

Kalo ada yang cari RPP KTSP bisa mampir ke
www.estojaya.co.cc

Makalah Pendidikan on 29 April 2011 pukul 04.58

sangat menarik contoh makalahnya. trimksh infonya...

id-onjou on 2 Mei 2011 pukul 09.12

WAH LIHAT AJA DEHHHHH YUUUKKKKKKKKK

Rani Fitriyani on 10 Agustus 2011 pukul 23.30

Salam kenal...
Terimakasih ya atas contoh makalahnya...
Sangat berarti banget lhoe...

kabar pendidikan on 18 Oktober 2011 pukul 03.10

trimksih udah sharing.. bermanfaat sekali..

elvi on 23 Oktober 2011 pukul 01.06

mudah2an elvi bisa buwat makalah sendiri...
aamiin

HIMA on 17 November 2011 pukul 06.17

makasih ya contohnya... manfaat sekali, simpel tp oke

Anonim on 27 Desember 2011 pukul 06.51

gomawo

Wheyldanz D Juventini on 3 Maret 2012 pukul 14.57

artikelnya bagus, lihat juga di http://wildanrahmatullah.wordpress.com/

Wheyldanz D Juventini on 3 Maret 2012 pukul 14.58

artikelnya bagus, lihat juga di http://wildanrahmatullah.wordpress.com/

Obat tradisional kanker hati on 3 Maret 2012 pukul 17.18

Terima kasih banyak atas infonya,,salam kenal ja gan..

Anonim on 14 Maret 2012 pukul 07.33

emmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmm...................boleh jga nich

Anonim on 14 Maret 2012 pukul 19.15

hhhhhmmzzz buat mklh tuh trnyta ssh jga yh,,,,,,,,

kolom hukum on 21 Maret 2012 pukul 22.27

berkata...
makasih pencerahannya gan.. ane dpt tambahan ilmu... izin copy..

Anonim on 24 November 2012 pukul 23.30

makalahx ndk dha tg laeN ych
lgy btuh bnget nih....

Anonim on 24 November 2012 pukul 23.32

makalahx ndk dha tg laeN ych
lgy btuh bnget nih....

Leave a Comment

Silakan berkomentar dan Tuliskan pendapat anda disini!