Sabtu, 03 April 2010

Contoh Pidato - Contoh Naskah Pidato

info terbaikPanduan Lulus Tes PNS 2013 disini.....

contoh pidato presiden SBY
Silakan dilihat beberapa koleksi dari contoh pidato dibawah ini yang bisa dijadikan panduan dasar dalam membuat pidato yang baik.
Pidato itu adalah kegiatan untuk berbicara atau berorasi di depan umum dengan tujuan menyatakan pendapat ataupun memperbincangkan tentang suatu hal.
Fungsi dari pidato secara umum:


  1. Memperlancar komunikasi antar sesama anggota organisasi, atau juga antara atasan dan bawahan

  2. Menciptakan suasana yang kondusif karena hanya satu orang saja yang diperlukan berbicara dalam pidato ataupun orasi tersebut



Contoh naskah pidato tersebut adalah (ada 3 jenis teks pidato untuk saat ini):

Contoh Pidato Upacara Bendera Senin

Assalamulaikum warahmatullahi wabarakatuh,
Yang terhormat Bapak Kepala Sekolah.
Yang terhormat Para PKS dan staf.
Yang terhormat Ibu dan Bapak Guru serta Staf Tata Usaha dan Perpustakaan.
Anak-anakku sekalian yang Bapak sayangi dan banggakan.
#
Marilah kita panjatkan puji dan syukur ke hadirat Allah SWT, karena dengan rahmatnya kita bisa berkumpul ditempat dan waktu yang baik ini.

Shalawat dan salam kita curahkan kepada Nabi Besar Muhammad SAW, para pengikutnya yang shaleh dan shalehah hingga akhir zaman.

Tidak lupa kita panjatkan doa kepada kedua orangtua kita, ampunilah segala dosa mereka dan sayangilah mereka sebagaimana mereka menyayangi kita semasa kecil dan kepada para guru yang telah memberikan ilmu yang banyak sehingga kita bisa berusaha untuk menjadi orang-orang yang beriman, berilmu, berakhlak mulia dan bertakwa . Mudah-mudahan kasih sayang dan ilmu yang mereka berikan menjadi ilmu yang bermanfaat. Tanpa mereka kita bukan apa-apa…Amin.

Anak-anakku sekalian yang Bapak sayangi dan banggakan,
Kalau di antara kalian yang bertanya, apakah upacara bendera itu? Mungkin kalian sudah tahu jawabannya, yaitu segala tindakan atau gerakan yang dirangkaikan serta ditata dengan tertib dan disiplin dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan memimpin serta membiasakan kesedian dipimpin dan membina kekompakan serta kerja sama dan yang paling penting adalah untuk mengenang jasa para pendiri negara.

Kalau ada yang bertanya lagi, apakah makna upacara bendera sampai kalian harus berpanas-panas? Mungkin juga kalian sudah tahu jawabannya, yaitu tetap memelihara nilai-nilai nasionalisme dan patriotisme.

Tetapi pertanyaan yang paling besar adalah,
#Apakah kalian sudah menjadi orang yang tertib? #Apakah kalian sudah bisa menjaga amanah untuk menjadi seorang pemimpin? #Apakah kalian sudah bersedia dipimpin untuk menjaga kekompakan dan kerja sama?#Apakah kalian selalu mengingat bahwa apa yang sudah kalian dapatkan sampai hari ini adalah hasil jerih payah dan jasa para pahlawan dan tetap menjaga nilai-nilai nasionalisme dan patriotisme?
#Bapak harapkan mulai dari sekarang, kalian belajar lebih tertib, mentaati segala peraturan yang berlaku dalam keluarga, sekolah, lingkungan dan agama.
Kemudian kalian belajar lebih disiplin, sholat pada waktunya, mengerjakan tugas sesuai dengan waktu yang telah ditentukan, membuang sampah pada tempatnya.
Kemudian kalian siap belajar menjadi pemimpin, minimal pemimpin untuk dirinya sendiri untuk menjadi anak yang lebih baik dan siap dipimpin dengan menjaga kekompakan dan kerja sama.
Kemudian kalian siap belajar menjaga nilai-nilai nasionalisme dan patriotisme, menggunakan produk dalam negeri, melestarikan kebudayaan lokal, dan menjaga peninggalan nenek moyang kita.

Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya dan mengisi kemerdekaan dengan hal-hal baik seperti yang sudah sampaikan tadi.
Anak-anaku sekalian yang Bapak sayangi dan banggakan,
Marilah kita bersama menjalankan amanah tersebut. Terima kasih atas perhatiannya.
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Contoh Pidato Hari Pendidikan Nasional

Saudara-saudara sekalian !
Yang saya hormati Dosen Stai Darul Qalam Drs. Habibullah .
Yang saya hormati mahasiswa/ mahasiswi Stai Darul Qalam .
Alangkah bahagianya saya selaku menjabat sebagai ibu kepada Negara Indonesia, pada hari ini ! pada hari ini, kita merayakan hari pendidikan Nasional, yang bertempat dilapangan Istana Bogor pada tanggal 2 Mei 2007. Dengan memperingati Pendidikan Nasional semoga kita lebih semangat /bangkit untuk memajukan dan mencerdaskan pendidikan anak-anak bangsa agar berguna bagi bangsa, Negara dan Agama.
Pertambahan anak umur sekolah yang cepat dan pertambahan lulusan tiap jenjang pendidikan yang besar, tapi tidak diikuti penambahan prasarana dan sarana pendidikan yang cepat dan memadai, menimbulkan masalah bagi pemerintah untuk memberikan “pendidikan dan pengajaran” pada semua warga Negara sebagaimana diamanatkan oleh undang- undang Dasar.
Persoalan ini krusial mengingat beragamanya geografis nusantara yang luas dan terpencar dengan tingkat perkembangan sosial-ekonomi-kultural berbeda. Ketika itu untuk pertama kali pelaksanakan REPELITA dengan tekanan pada pembangunan ekonomi yang dipandang sebagai landasan bagi aspek- aspek lain dari pembangunan nasional. Dalam pembaruan pendidikan perhatian difokuskan pada upaya-upaya perbaikan dan peningkatan kualitas serta penataan kesempatan mendapat pendidikan. Mengenai yang terakhir ini sulitlah dicapai bila hanya melalui cara-cara konvesial yaitu memanfaatkan teknologi komunikasi dan teknologi ,informasi radio dan televisi. Pada tahun 2007 pemerintah telah menetapkan APBN untuk pendidikan sebesar 20% bagi SD, SLTP dan SLTA. Program dan kegiatan yang dilakukan tidak semata-mata atas dasar pertambahan jumlah gedung sekolah, guru, buku dan lain-lain.

Alternatif yang didentifikasikan adalah :

1. Penambahan daya tampung SLP yang dilakukan baik dengan penambahan sekolah baru
2. Peningkatan daya tampung sekolah- sekolah swasta
3. Pengembangan sekolah terbuka dengan media korespodensi, modul, siaran radio, siaran televisi dan lain-lain
4. Pembukaan kursus- kursus ketrampilan praktis diluar sekolah sebagai jalur penyaluran kemasyarkat..

Ki Hajar Dewantara (1889-1959) seorang tokoh pendidikan Indonesia yang memprokarsai berdirinya lembaga pendidikan Taman siswa. Dia lebih terkenal dengan filsafat” tut wuri handayani, hing madya mangun karsa, hing ngarso sung tulada. Dewantara mengklasifikasikan tujuan pandidikan dengan istilah “ tri-nga”(tiga “nga-nga adalah huruf terakhir dalam abjad jawa ajisak). “Nga” pertama adalah ngerti” (memahami /aspek intelektual). “Nga kedua” adalah “ngrasa” adalah (merasakan aspek afeksi), dan “nga” ketiga adalah “nglakonin” (mengajarkan atau aspek psikomotorik). Merumuskan tujuan pendidikan yang meliputi aspek kognitif, afektif, dan psikomotor. Menurut Dewantara, adalah hak tiap orang untuk mengatur diri sendiri, oleh karena itu pengajaran harus mendidik anak menjadi manusia yang merdeka batin, pikiran, dan tenaga. Pengajaran jangan terlampau mengutamakan kecerdasan pikiran karena hal itu dapat memisahkan orang tepelajar dengan rakyat.
Akhir sampai disini, semoga bangsa Indonesia lebih meningkatkan dan mencerdaskan serta menciptakan anak-anak didik yang produktif, kreatif, dan inovatif yang berguna bagi bangsa dan Negara, Menciptakan sumberdaya manusia yang berkualitas dan mandiri yang dapat memenuhi kebutuhan global

Contoh Pidato Anti Narkoba
Assalamu’alaikum Wr Wb
Yang terhormat kepala sekolah
Yang saya hormati Bapak/Ibu Guru serta staf Tata Usaha
Dan teman-teman yang saya cintai

Marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan nikmat-Nya sehingga kita dapat berkumpul disini dan pada hari ini saya akan menyampaikan pidato tentang Narkoba.

Di Indonesia jumlah pengguna narkoba begitu besar, karena lemahnya penegakan hukum di Indonesia para pengedar internasional dapat bekerja sama dengan warga negara Indonesia dan memperoleh keuntungan yang besar. Penyalahgunaan Narkotika dan zat aditif lainnya itu tentu membawa dampak yang luas dan kompleks. Sebagai dampaknya antara lain perubahan perilaku, gangguan kesehatan, menurunnya produktivitas kerja secara drastis, kriminalitas dan tindak kekerasan lainnya.

Penyalahgunaan narkoba dapat dicegah melalui program-program diantaranya mengikuti kegiatan-kegiatan sosial, tidak bergaul dengan pengguna atau pengedar narkoba, tidak mudah terpengaruh ajakan atau rayuan untuk menggunakan narkoba. Pengguna narkoba biasanya lebih didominasi oleh para remaja dan anak sekolah.

Sekolah juga memberikan penyuluhan kepada para siswa tentang bahaya dan akibat dari penyalahgunaan narkoba melalui Guru BP, diskusi yang melibatkan para siswa dalam perencanaan untuk intervensi dan pencegahan penyalahgunaan narkoba di sekolah. Program lain yang cukup penting adalah program waspada Narkotika dengan cara mengenali ciri-ciri siswa yang menggunakan narkoba, mewaspadai adanya tamu yang tak dikenal atau pengedar, melakukan razia dadakan.

Biasanya pengedar maupun pemakai di sekolahh telah paham betul program-program disekolah untuk pencegahan pengguna atau pemakai disekolah, mereke tentu saja mengantisipasinya dengan sebaik yang mereka bisa. Sepintar apapun kiat mereka, ibarat sepandai-pandai tupai melompat, akhirnya jatuh juga. Jurus-jurus jitu menghindari deteksi sekolah memang mereka kuasai, tapi mengingat sifat narkoba yang adiktif dan menutut dosis yang lebih tinggi maka disiplin cara aman akan terkuak juga

Untuk itu marilah kita hindari dan jauhi serta ikut memberantas penggunaan narkoba. Demikianlah pidato yang dapat saya sampaikan apabila ada kesalahan dalam bertutur kata, saya mohon maaf. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih dan saya akhiri.

Wassalamu’alaikum WrWb

Boleh berkomentar juga dibawah. Nanti kalau ada updatean terbaru dari contoh naskah pidato akan saya tambah lagi daftarnya. Selamat berpidato dan semoga sukses.

Ayo Gabung FansPage di Facebook!!

Yuk Komentar/Diskusi tentang "Contoh Pidato - Contoh Naskah Pidato" di Facebook.

116 komentar:

maulana on 7 April 2010 04.48

Pidato Yang sangat luar biasa dan membrikan wawasan

Anonim on 7 April 2010 05.35

thx atas contohnya
sangat membantu......

Anonim on 20 April 2010 06.34

thx ya pidato nya
mmbantu bgt

reeouw on 25 April 2010 02.47

bikin pusing ja klo di srurh pidato..hehehe

Anonim on 25 April 2010 04.52

alhamdullillah .,.
dapet juga ., pidato ., tentang narkotika .,.!!
^_^ thanx bangett ya!!

putri on 27 April 2010 01.02

pidato'nya kereeeeeen bgt.,. . .
aQwh jd bsa nGerJaint TugAz nieh...
tankks, ,

putri on 27 April 2010 01.04

mIci. . mIci
leh mnta naskah piDaTo tTg HUT skola gag???
plist....
bWat tgAz aQwh nie..

putri on 27 April 2010 01.07

reow bNer tuch...
PzInk nie.
d suRuh pidato ma bu guRu. .
hehe . . :-)

:-) :-)

andee on 7 Mei 2010 20.50

thanks..

Anonim on 17 Mei 2010 07.49

bgs NIe yg sy cRi,,,

Rico Sihotang on 10 Juni 2010 00.59

Wahh... pidatonya ugah hati sekali.. thanx ya atas karyanya.. sangat inspiratif sekali..

ricki on 21 Juni 2010 05.48

mantapz.... kapan yach gw bisa pidato di depan presiden.

Contoh Pidato on 21 Juni 2010 08.27

Contoh pidato nya bagus-bagus...semoga makin banyak yang ngunjungi...makin ramai dan makin banyak manfaatnya bagi orang lain....

lucky on 29 Juli 2010 04.53

makach............

L on 16 Agustus 2010 09.47

Terimakasih ya, sangat membantu sekali :)

Anonim on 13 September 2010 04.01

terima kasih buanyak...sangat-sangat mantapp!

Evie on 15 September 2010 18.41

makasih banget....membantu aku yang mo jadi pembina upacara,sebab kehabisan tema..... ok thanks a lot

ipa smp on 29 September 2010 23.52

makasih ya.... dapat tambahan pidato sbg calon pembina upacara

Anonim on 1 Oktober 2010 05.05

thank ya,,, bwt ngerjain tugas

Anonim on 5 Oktober 2010 02.53

terimakasih atas pidatonya ngeringanin tugas saya

Anonim on 22 Oktober 2010 01.27

^_^
thnx ea
pidato ny ngebantu w bwt nyelesaikan tugas
mksh bnyk

Anonim on 23 Oktober 2010 04.22

mkcihhhhh ea, pidatonya membantu aq ngerjain tugas.

Anonim on 25 Oktober 2010 05.33

ngebantu banget..
Makasih yaa :)

Anonim on 31 Oktober 2010 06.33

hahaah..
thx mbantu banget buat ngerjain tugas..
:)

Anonim on 5 November 2010 16.23

tnx tas cnth pdato'a............

Anonim on 23 November 2010 08.19

wah terima kasih pidatonya membantu.. ^^

Anonim on 24 November 2010 04.48

thankzzzzzzzzzzzz
ea .......
wt conth pidatonya
sangat membantu ^-^

iwan graff on 25 November 2010 05.26

wahhh pidato.nya sangat memberi saya masukkan untuk tugas" saya...

Anonim on 26 November 2010 08.09

pcrq mkin cyg ma q dgn bntuan pdato diatas!thx very macth!:)

Anonim on 16 Desember 2010 20.46

butuh pidato yg ada kutipan_x nee,,,

aYoe on 17 Desember 2010 19.06

pIdatO ny kReN bgTzZ,,, bwTiN aQ pIdatO tNtaNg cIntA nPa ....

trisakti on 21 Desember 2010 08.13

siiip..

ataliaputriseptiani@yahoo.com on 4 Januari 2011 02.07

thank you wat contohcontoh pidato'a ..
jadi bisa ngebantu ngerjain tugas bhs ind ku ..:P

Cihui on 9 Januari 2011 04.29

UCAPKAN BUKAN PANJATKAN

achie writer on 9 Januari 2011 05.09

makasi yaa. ini sangat-sangat membantu! gilaa! salut deh buat yang bikin!

dhwtti on 10 Januari 2011 04.04

mkSEh ea..pidato.a sngaaaaaaaaaaaaaaaad mmbntu...qhu copy ea???hehehe

linda on 16 Januari 2011 06.13

makasih banget ya atas pidatonya..saya sangat ketolong banget..

Anonim on 17 Januari 2011 05.21

bisa gak buatin pidato yg pendek tema apa aja trims

salsa on 17 Januari 2011 07.01

g ada yg pendek y?

Elvira Salsabila on 18 Januari 2011 05.19

sangat mengesankan

┌ĀŝŤřĂŁ﴾ĀĐΜİŇ﴿┐ on 19 Januari 2011 04.42

Wah Wah Wah...

Boleh Copy Paste Gak Gan???

Sebelumnya Terima Kasih BYK...

Teruslah Berjuang Agar Blog Agan Terkenal Oke....

=D>

Anonim on 21 Januari 2011 02.21

THANKS banget ni buat pidatonya .
jady gag dimarahin ma guru b.ind deh .
keep working ..

Anonim on 23 Januari 2011 05.47

THANKS pidatonya bwat tugas b.indo nih

''nAYaH'' on 25 Januari 2011 02.06

mkacih yu4 atS tEX pIdAtO NYuA,,,,,,, JdI bSa NgRJaIN tgAs dWeChhhhh,,,,,,,,,,,,^__^

nopi on 6 Februari 2011 23.47

pidato ny pasaran sm kea tmn gua. minta pidato tntg ksadaran hukum si

Anonim on 15 Februari 2011 01.58

ya lah klau gx gitu nnti orng nya jk

honey on 20 Februari 2011 21.59

i like it .!

Anonim on 27 Februari 2011 04.06

ngebantu bngt..............
thanks.....

Movie Review & Trailer on 1 Maret 2011 03.42

Thanks banget buat infonya n juga contohnya...
sangat membantu...

Monyet bau on 1 Maret 2011 17.47

asekkk... Berkat Blog ini jadi bisa ngerjain tugas Bahasa Indonesia buat bikin teks pidato :D
Makasi makasi

Anonim on 3 Maret 2011 03.31

makasih buat contohnya. semoga aku besok bisa berhasil ujian pidatonya. :D amin...

rafa rafika on 7 Maret 2011 03.10

copas ya pidatonya buat ujian praktik :D
makasih :)

lie.munthe@yahoo.com on 7 Maret 2011 22.34

makasih ya atas pidato.a walaupun pidato.a panjang2......

Anonim on 7 Maret 2011 23.30

Makasih ya, contoh pidatonya bsa bantu aq buat Ujian Praktek

Eka on 7 Maret 2011 23.38

Makasih ya, contoh pidatonya bsa bantu aq buat Ujian Praktek besok :)

Anonim on 8 Maret 2011 16.21

sepp...

Anonim on 9 Maret 2011 05.24

bagus pidatonya :D

oliv hindubanget on 9 maret 2011 on 9 Maret 2011 06.16

ehhm,nih bagus 'n' ngebantuin banget untuk tugas q di my school nih
thanks ea for all

Anonim on 11 Maret 2011 00.34

hmmmZZ, cUkuP BaGUz koX PiDAtO Nya....

mawardi on 12 Maret 2011 20.07

share yaa... makasih ilmunya

ihsanistic on 13 Maret 2011 05.25

terimakasih sudah membantu saya mengerjakan tugas .
saya jadi bisa pidato depan pak kades deh hehehee .
bagus bagus bagus

Uray on 13 Maret 2011 18.59

Thank's ya atas pidatonya.. :D

ulul azmie on 15 Maret 2011 06.36

Makasih ada tugas sech. .

:)

Anonim on 17 Maret 2011 22.01

eh tolong dong minta pidato tentang perpisahan wali murid

doohan on 18 Maret 2011 00.06

Bagus gan, jadi inspirasi buat saya !!! :D

Anonim on 18 Maret 2011 03.41

wew
ada yg jomblo?

Iswanto Radjak on 20 Maret 2011 21.38

wach trxta pidato ini dpt mmbrikan inspirasi kpd saya..............

grell chan on 21 Maret 2011 04.42

umm..
boleh tanya gak?
maksud dari pidato yang narkotika yg bagian 'jurus-jurus jitu menghindari deteksi sekolah memang mereka kuasai, tapi mengingat sifat narkoba yang adiktif dan menutut dosis yang lebih tinggi maka disiplin cara aman akan terkuak juga'

disiplin cara aman itu maksudnya apa?


dan..
boleh minta masukan mengenai pidato tentang kenakalan remaja ngga?

yoroshiku onegaishimasu!

doumo arigatou gonzaimasu!!

Anonim on 21 Maret 2011 23.41

ech klau leh tau pentiG tach pidato tuec..............

Anonim on 23 Maret 2011 06.05

ijin copas ya
cos bwat tgas ney.....
terima kasih
ney sangat membantu

Anonim on 24 Maret 2011 04.43

kren....
mksih

Anonim on 25 Maret 2011 03.16

kurang bagus huuuuuuuuuuuu!!!!!!!!!!!!!!!!!??????????

Anonim on 27 Maret 2011 01.34

makasih....
sangat membantu saya utk bikin tugas praktek...

xie-xie.... ^^

abid on 28 Maret 2011 05.58

makasih pidatonya..........
bisa membantu saya bikin tugas

Anonim on 29 Maret 2011 18.47

pidato yg baguuzzz...
makasie...
akhirna tugasku selesai.. ^^

HELLFIRE46 on 29 Maret 2011 19.35

Makasih gan atas Pidato ya...!!!

monic lhy laffred on 31 Maret 2011 23.37

thankz yaah buat contoh pidato'a...
ngebantu buat ngerjain tugas

Anonim on 3 April 2011 02.01

tolong lampirkan pidato tentang dampak cuaca ekstrim

devi on 3 April 2011 22.36

ternyata pusing juga ya buat naskah pidato he he heeeeeeeee

Anonim on 4 April 2011 00.56

. makasih contoh pidatonya ..!!

masta on 5 April 2011 19.52

assalam kenal for all, by masta,
semoga persahabatan kita terjalin dengan baik,
saling tegur sapa, saling senyum, saling mengingatkan,
saling memahami kelebihan dan kekurangan kita satu sama lain.

masta on 5 April 2011 20.06

assalam kenal for all, by masta,
semoga persahabatan kita terjalin dengan baik,
saling tegur sapa, saling senyum, saling mengingatkan,
saling memahami kelebihan dan kekurangan kita satu sama lain.

Anonim on 11 April 2011 18.47

alhamdulillah.......
akhirnya dapet juga teks pidatonya
thankz yach . . ..

Anonim on 14 April 2011 08.34

matur mbah nuwun...

Anonim on 28 April 2011 05.52

minta tolong q buatin naskah pidato tntng tanggung jawab dong krn bsk mo di bacakan d dpn tmen temen q pizzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzdongggggggggggggggggggggggggggg.

d"-"a on 11 Juli 2011 09.56

tolong buatin naskah pidato tentng kampanye calon wakil bupati dong... :)

Djakarta Chord on 23 Juli 2011 19.51

makasih mas buat tugas nih :D

Rani Fitriyani on 8 Agustus 2011 21.56

.wah makasih ya sudah membantu jadi gampang dech membuat tugas??

.hehehehe

.thanxs

candy on 4 Oktober 2011 02.39

makasih ya buat naskah pidatonya. saya pake buat tugas. :)

dani on 8 November 2011 04.34

tarimo kasih yg buek pidato ko


I <3 pidato

Goyad Baned on 20 November 2011 05.32

makasih ......:) :) :)

SMP NEGERI 3 INUMAN on 4 Desember 2011 10.17

mantap..

aprillia on 6 Desember 2011 22.01

pazzzzz...... banget nich

Anonim on 7 Januari 2012 16.11

sep banget gg ada yang pas buat gw snuabnya anjlokk abisss

Anonim on 12 Januari 2012 05.36

pidato tentang kedisiplinan dong butuh nih

Anonim on 15 Januari 2012 01.47

IJIN SEDOT BRO

Anonim on 17 Januari 2012 07.46

terimakasih ya :) bermanfaat banget buat anak-anak sekolah yang disurh nyari contoh pidato hehehe

Justin Bieber on 31 Januari 2012 06.42

krank cik ahg.......?

Nabila boecahKansas on 31 Januari 2012 06.44

ok...........banget's..........;)

Justin Bieber on 31 Januari 2012 06.45

krank cik ahg.......?

Nabila boecahKansas on 31 Januari 2012 06.46

ok...........banget's..........;)

wulancieyperinceesmanjaynggigalau on 31 Januari 2012 06.47

;)
;)
;)
;)
;)

Niaajahgdahg on 31 Januari 2012 06.49

cihp coy........;(

soniacinta dya on 31 Januari 2012 06.50

kruang cyeru ahg....:)

Anonim on 22 Februari 2012 00.47

terimakasih pidatonya sangat membantu

Anonim on 23 Februari 2012 00.45

Sip gann,, cuma yg narkoba kurang panjang dikit,,,

wew on 7 Maret 2012 06.01

thanks.... ngebantu bgt.

Anonim on 10 Maret 2012 06.01

terima kasih!

Favrinata 9F_08 on 15 Maret 2012 06.27

bagus bgt sob :D

my BLogger _nia on 26 April 2012 06.09

:-P
NICE :-*

sweeshe rumbajan on 12 Agustus 2012 05.20

yah yang qt da cari nnda ada
:(

okta on 28 Oktober 2012 04.08

trima kasih bs menjadi inspirasi

mirzaniik on 22 November 2012 22.06

makasih bangett buat pidatonya ;) ngebantu banget buat kita anak2 kls9 SMPN1 oku

Anonim on 8 Januari 2013 09.01

Membantu broo >_< thank's

rahadian yusuf H on 12 Januari 2013 00.59

keren gan

tapi yang gua cari ttg perpustakaan

rahadian yusuf H on 12 Januari 2013 01.00

keren gan

tapi yang gua cari ttg perpustakaan

Leave a Comment

Silakan berkomentar dan Tuliskan pendapat anda disini!