Rabu, 15 Desember 2010

Niat Puasa Asyura 10 Muharram - Bulan Ramadhan

info terbaikDownload Panduan Lulus Tes PNS disini.....

Niat Puasa Asyura
Hadits yang Pertama
Dari Ibnu Abbas -radhiyallahu ‘anhuma-, “Bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam berpuasa pada hari ‘Asyura dan memerintahkan untuk berpuasa padanya”.(Muttafaqun ‘Alaihi).

Hadits yang Kedua
Dari Abu Qatadah -radhiyallahu ‘anhu-, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam ditanya tentang puasa hari ‘Asyura. Beliau menjawab, “(Puasa tersebut) Menghapuskan dosa satu tahun yang lalu”. (HR. Muslim)

Hadits yang Ketiga
Dari Ibnu Abbas -radhiyallahu ‘anhuma- beliau berkata: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Apabila (usia)ku sampai tahun depan, maka aku akan berpuasa pada (hari) kesembilan” (HR. Muslim)

==
berdasarkan hadist Ibnu Abbas ra, bahwasanya ia berkata : Ketika Rasulullah saw. berpuasa pada hari ‘Asyura’ dan memerintahkan kaum Muslimin berpuasa, para shahabat berkata : “Wahai Rasulullah ini adalah hari yang diagungkan Yahudi dan Nasrani”. Maka Rasulullah pun bersabda :”Jika tahun depan kita bertemu dengan bulan Muharram, kita akan berpuasa pada hari kesembilan.“ (H.R. Bukhari dan Muslim).

Begitu juga hadist Ibnu Abbas ra, bahwasanya Rasulullah saw. bersabda : “Puasalah pada hari Asyura’, dan berbuatlah sesuatu yang berbeda dengan Yahudi dalam masalah ini, berpuasalah sehari sebelumnya atau sehari sesudahnya.“ ( HR Ahmad dan Ibnu Khuzaimah ) Dalam riwayat Ibnu Abbas lainnya disebutkan : “Berpuasalah sehari sebelumnya dan sehari sesudahnya"

sumber:http://ulamasunnah.wordpress.com/2009/01/01/keutamaan-puasa-di-hari-asyura-10-muharram/
tag: puasa 10 muharram, niat puasa muharram

Ayo Gabung FansPage di Facebook!!

Yuk Komentar/Diskusi tentang "Niat Puasa Asyura 10 Muharram - Bulan Ramadhan" di Facebook.

2 komentar:

Rani Fitriani on 25 September 2011 pukul 19.17

mantap banget ya infonya...

Anonim on 3 November 2011 pukul 01.12

Assalammu’alaikum
afwan ikhwan fillah. sekedar sharing. kebetulan ini ada ebook tentang waktu-waktu utama sepanjang bulan, minggu, sepanjang hari dan amalan-amalan sunnah di dalamnya sesuai sunnah shahih. termasuk amalan di bln dzulhijjah n muharram. Semoga bisa sebagai tambahan refrensi.

link : http://www.mediafire.com/?2z1ee9bdljqwx9p

Leave a Comment

Silakan berkomentar dan Tuliskan pendapat anda disini!