Senin, 21 Februari 2011

IDwebhost.com Trend Hosting Indonesia

info terbaikDownload Panduan Lulus Tes PNS disini.....

Perkembangan internet bertumbuh pesat setiap harinya, ini ditandai dengan semakin banyaknya situs baru, dan ragam aktivitas yang dilakukan online. Blogger,webmaster, internet marketer, web programmer tentunya punya andil masing-masing dalam komunitas online.

Namun satu yang pasti, kebutuhan kita akan sarana pendukung online akan terus bertumbuh. Webdomain dan hosting merupakan pasangan yang paling utama, sebab website akan terus membutuhkan yang namanya domain atau hosting. Hosting yang baik selain memberikan dampak SEO yang baik, juga sangat menentukan performa loading suatu webpage.

Mayoritas orang yang memerlukan webhosting atau domain murah biasanya akan langsung melakukan riset ke google untuk melihat webhosting pilihan/alternatif yang bisa dipakai. Tapi ini kadang bukan pekerjaan mudah bagi apalagi para blogger yang awam, atau masih baru didunia blogging. Tercatat ada 17,5 juta hasil pencarian di google untuk kata kunci "web hosting indonesia", belum lagi dihitung banyaknya perusahaan yang mengiklankan servisnya di google adwords.
Cukup rumit untuk menemukan ulasan yang objektif tentang webhosting mana yang murah, bagus dan juga punya servis mumpuni.

Sedikit berbagi pengalaman pribadi, ada beberapa hal yang harus diperhitungkan ketika ingin mencari tempat sewa hosting.
1. Memilih jenis webhost. (Dedicated Hosting / Shared Hosting)
Ini disesuaikan dengan tingkat kebutuhan. Kebanyakan webmaster dan blogger yang saya kenal, lebih memilih shared-hosting yang biasanya lebih murah dibanding dedicated. Alasannya, rata-rata kebutuhan blogger normal bisa dipenuhi dengan paket shared ini. Ditambah juga hemat biaya. Tapi jika nantinya pengunjung anda bertambah, bisa juga diupgrade. Kecuali kalau memang website digunakan banyak untuk search, mengambil kueri database, dll maka disarankan untuk pakai dedicated hosting agar lebih efektif. Kuota bandwith akan bervariasi bagi setiap webmaster, selalu sesuaikan dengan kebutuhan.

2. Lebih dari 98% Uptime
Ini angka tafsiran kasarnya saja. Pilih perusahaan webhost yang punya uptime diatas 98%. Kalau ada jaminan, lebih baik. Karena nantinya sangat penting untuk memiliki website yang siaga 24/7. Apalagi untuk tujuan berbisnis.

3. Server yang cepat dan responsif.
Meski kecepatan loading website juga dipengaruhi faktor lain seperti kecepatan internet, kebijakan ISP, dll. Tapi server yang responsif merupakan faktor yang tidak bisa ditawar. Dalam keadaan normal, kalau web dibuka lebih dari 30 detik. Maka dipastikan anda akan kehilangan pengunjung.

4. Server Backup yang rutin.
Sangat disarankan untuk mencari webhost yang rutin me-maintenance sistemnya. Termasuk sistem back-up atau restore. Lebih baik lagu kalau jadwal back-up nya rutin. Ada histori perhari, minggu, atau perbulan. Namun disini juga sangat disarankan bagi pengguna untuk menyelamatkan datanya sendiri juga.

5. Tersedia skrip CGI, SSH, FTP access & Anonymous FTP, CPanel.
Mayoritas webhost akan menyediakan CGI, FTP. Tapi kadang belum semua memiliki SSH (Secured Socket Layer). Dengan berkembangya web anda, suatu saat akan sangat menjengkelkan kalau webhost ternyata tidak bisa mensupport skrip/kebutuhab diatas. Lebih baik ditanyakan dulu ke pihak perusahaan hosting. Akan lebih baik juga jika mereka menyediakan library script lainnya, misal: untuk membangun guestbook, form, survey, newsletter, apa mereka juga menyediakan email forwarding, Spam filtering, dll. Lihat juga apakah webhosting menyediakan cpanel yang user friendly, apakah ada fantastico, Softaculous. Segala sesuatu yang bisa memudahkan kerja kita. Semakin komplit, semakin baik.

6. Update software, Security
Pastikan selalu mendapat perlindungan terbaik dari webhosting anda. Kalau mereka jarang melakukan update patch software atau securitynya maka lebih baik tinggalkan saja. Safety first.

7. Harga
Aspek harga disini adalah yang bersaing, tidak ada hidden cost, bukan mencari yang sangat murah. Webhosting yang baik akan selalu memberikan harga kompetitif dengan servis yang prima.

8. Servis dan Reputasi
Aspek yang paling penting yaitu konsumen mendapat pelayanan terbaik, 24/7, full customer support, dan mudah dihubungi. Customer Support harus selalu siaga, tanggap membantu kalau ada ganguan teknis/pertanyaan dari para pelanggan. Sampai masalah klien bisa terselesaikan. Apa mereka punya chat servis, komunitas forum?
Cari tahu reputasi sebuah webhosting dari para penggunanya, bisa bertanya melalui YM, atau langsung ke blognya. Berhati-hati juga dengan perusahaan hosting yang suka bersembunyi, dan tidak punya badan usaha. Jangan-jangan uang dibawa lari lagi. Lebih baik cari yang sudah bereputasi, dan punya status lengkap.

9. Garansi
Tidak semua hosting punya garansi, sebab memang sulit untuk menjaga kepercayaan konsumen. Hanya perusahaan yang terbaik yang memilikinya. Poin ini penting, mengingat di internet sangat mudah untuk membeli kucing dalam karung. Jadi agar jangan tertipu ketika beli hosting/domain, pastikan anda mencari perusahaan yang bergaransi.

Itulah sebagian tips pribadi dari saya yang lumayan penting. Sebab diambil dari beberapa pengalaman saya yang lalu, duka dan suka ketika berhosting di beberapa tempat. Namun untuk trend web hosting indonesia yang murah dan berkualitas, saya sangat menyarankan idwebhost. Perusahaan ini memiliki ke 9 poin diatas, juga spek hardware yang canggih. Saya kira juga tidak berlebihan untuk menjagokan mereka dalam urusan hosting dan domain murah.

IDwebhost selalu memberikan penawaran yang menarik, harga bersahabat dan juga servis yang nomor satu. Lihat saja paket hosting yang tersedia, cukup bervariasi bukan? Lihat juga penawaran domain murahnya, harga sangat terjangkau dibanding tempat lainnya. Kita juga boleh bergabung di program resellernya kalau tertarik menjadi partner bisnis idwebhost.

Saya sendiri mulai mengenal idwebhost tahun lalu, dan langsung menjadi pelanggan setianya. Pada desember 2010, kalau tidak salah, ada 8 domain yang saya beli dari idwebhost, walaupun belum sempat diurus karena masih banyak tugas sekolah. he..he.

Tidak banyak kendala yang saya temukan saat melakukan transaksi, aktivasi, dll. 15 menit langsung aktif. Bahkan dulu waktu beli domain, sambil nonton liga Spanyol, saya sering chat sama CS nya, pagi-pagi gitu(jam 3). Semua urusan saya lancar, dan cukup puas. Harga domain, perpanjangan, transfer cukup bersahabat, jadi saya pilih idwebhost.

Saya juga sangat menghargai inisiatif bagus dari idwebhost untuk memberikan kompetisi sehat didunia domain murah dan hosting kepada perusahaan lain. Lihat saja perbandingan harga idwebhost dengan kompetitor lain. Idwebhost sangat transparan.
Sebagai tambahan kalau teman mau mencari review dan pengalaman menggunakan idwebhost, silakan di google blog search. Atau boleh ketik perintah "inurl:forum idwebhost" di google lalu browse sendiri untuk membaca review yang tidak bias dari para konsumer lain tentang idwebhost.
Kadang kita bisa menemukan beberapa keluhan, cerita lucu, atau tanggapan positif, argumen dari konsumen. Kalau mau lebih pasti, silakan tanya, YM-an langsung dengan klien idwebhost, dan cari pendapatnya.

Berhati-hati juga memilih mana ulasan yang jujur atau tidak. Kritik positif/negatif itu wajar pada setiap webhosting, kadang juga harus disesuaikan sama kondisinya. Contoh seperti skrip email otomatis, yang biasanya diblok kalau pake shared hosting. Jadi harus paham juga sama aturan main, TOS, dll. he..he
Namun keputusan akhir memang tergantung pada kita untuk memilahnya.

Keinginan menerima feedback dari para pengguna setia juga cukup positif bagi perusahaan manapun. Sebab saya percaya kalau perusahaan idwebhost masih terbuka untuk kritik, berarti mereka masih mau terus berinovasi, berbenah untuk kemajuan masa mendatang. Beberapa yang mungkin bisa dijadikan masukan kepada idwebhost:

1. Paket Hosting yang lebih variatif
Idwebhost memang punya server aktif di USA dan Indonesia. Namun
pada halaman depan tidak ada opsi untuk memilih hosting Indonesia atau USA. Rasanya agak sedikit repot kalau harus minta secara manual ke admin :) ,saya juga kurang jelas apakah idwebhost menyediakan hosting SG. Hosting berkaitan dengan sumber trafik visitor. Oleh sebab itu webmaster biasanya lebih teliti saat menyesuaikan target visitor dengan opsi hosting yang tersedia.
Mungkin kalau sistem pengkategoriannya lebih rapi, idwebhost akan lebih mantap.

2. Customer Servis
Sejauh ini staff customer servis idwebhost cukup santun dan cepat dalam melayani, merespon jawaban saya. Namun
kadang harus diakui, ada beberapa pertanyaan dasar yang tidak mereka jawab. Sehingga agak kikuk suasana waktu itu. Bisa dimaklumi waktu itu memang lagi chat sama bagian billing, dan menanyakan "Seberapa rutin ya mbak, back-up nya dilakukan?" dan "apa saya bisa ganti Chmod dari FTP?" mbaknya langsung minta maaf, namun sayangnya saat itu sudah terlalu pagi, dan mungkin divisi CS bersangkutan sudah offline. Jadi diakhiri chattingnya.

Mudah-mudahan ini cuma terjadi sama saya, dan harapan kedepannya CS yang ada bisa lebih diperlengkapi lagi mengenai beberapa masalah teknis dasarnya. ;)


3. Tutorial Video Basic
Akan lebih bagus jika misalnya idwebhost menyediakan tutorial dalam format video,flash, untuk menolong pemula. Misalkan cara konfigurasi DNS ke domain, menginstal wordpress manual, instal joomla, dan video bertipe knowledge base lainnya. Satu video mungkin bisa menolong ribuan pengguna idwebhost, dalam jangka waktu panjang.

4. Testimoni Klien
Untuk lebih menarik banyak konsumen baru, Idwebhost bisa mencari siapa saja klien/Perusahaan terkenal yang memakai idwebhost, lalu dimintai testimonial, plus foto. Mudah-mudahan banyak masyarakat akan lebih yakin dan percaya pada idwebhost, sebab membangun kepercayaan melalui internet cukup sulit. Kalau sudah dapat, tinggal di pajang di homepage deh. ;)


5. Lebih banyak Tips di Blog.
Menulis di blog tidak repot, malahan sangat asyik. Idwebhost bisa membuat artikel seputar dunia blogging, security, optimasi website pada postingan blog. Kalaupun tidak bisa rutin update paling tidak 1 minggu sekali. Pasti efektif untuk membangun komunikasi dengan masyarakat.


6. Membuat Tiket Support
Dalam keadaan darurat, pertolongan pertama lewat YM bisa diandalkan. Tapi ada saatnya ketika permasalahan agak rumit, tiket support akan sangat berguna. Kadang, CS yang diajak chat bukan berasal dari tim yang berhubungan dengan isu kita, jadi agak repot kalau disuruh harus kembali menuliskan email mengenai seluk beluk permasalahan dari awal, lalu mengirimkan ke divisi lain. Akan lebih efektif jika sekali tulis dan langsung dialamatkan ketim yang bersangkutan.

Itu adalah beberapa masukan dari saya, mungkin idwebhost bisa mengadaptasi, menolak :D atau mengabungkan dengan kritik yang diterima dari sahabat blogger lain.

Jujur saja, bisnis hosting memang sangat menggiurkan. Mengingat permintaan dari pasar indonesia sendiri sangat besar, maka seperti kita lihat banyak perusahaan hosting gadungan yang ikut meramaikan persaingan bisnis, namun rata-rata bertahan 6 bulan - 1,5tahun saja.

IDWebhost adalah salah satu anak perusahaan Jogjacamp yang sudah 7 tahun konsisten melayani jasa web hosting indonesia, cukup lama bukan? Mereka juga punya tim yang didekasikan melayani masyarakat agar bisa mengatasi hal scripting pemrograman, atau problem lain hingga ke masalah detail dengan mencarikan solusi atas permasalahan anda secara tuntas.

Oh ya kalau mau datang ke kantor idwebhost langsung saja kunjungi Jl. Perintis Kemerdekaan No. 33 Yogyakarta 55161, supaya bisa liat-liat kantornya. Sebagai tambahan, PPC ternama indonesia, adsensecamp adalah partner bisnis idwebhost dibawah naungan jogjacamp.

Tidak bisa dipungkiri selain menjual space, bisnis webhosting adalah juga bisnis servis, support ke konsumen. Gabungan kedua poin ini yang membuat idwebhost patut terus menjaga motto "Best Service at Afordable Cost" dalam melayani konsumen.

Seperti kata pepatah pengalaman adalah guru yang baik. 7 tahun sukses bepengalaman dan berkecimpung di industri yang kompetitif adalah sebuah harga dan kepercayaan yang tidak bisa ditawar. Lihat juga inovasi mereka dalam melakukan oder hosting melalui SMS, dan telepon. Saya kira idwebhost adalah yang pertama mengusulkan ide ini. Juga 8 metode pembayaran yang nyaman. Sangat banyak kemudahan yang ditawarkan.


Kalau masih ragu silakan tes gratis idwebhost selama seminggu, dan jangan lupakan juga garansi uang kembali selama 30 hari kalau anda tidak puas dengan servisnya.

Saya adalah salah satu customer yang puas, jadi tidak ada salahnya sedikit memberi apresiasi ke idwebhost melalui review ini.

Semoga idwebhost bisa mempertahankan motto "Best Service at Afordable Cost" kepada para netter indonesia dan berkembang lebih baik lagi dimasa mendatang sebagai penyedia infrastuktur IT di Indonesia agar Idwebhost bisa terus menjadi trend hosting Indonesia.

Ditunggu komentar teman semuanya, bebas memberikan pendapat ;)

PS: Selamat ulang tahun yang ke-7 juga!!


Ayo Gabung FansPage di Facebook!!

Yuk Komentar/Diskusi tentang "IDwebhost.com Trend Hosting Indonesia" di Facebook.

4 komentar:

sandhioke on 22 Februari 2011 20.50

Sukses gan.. Mantep review nya..

Anonim on 12 Juli 2011 00.09

gk pake idwebhost mn bisa tau beneran huh

sehat alami on 3 Maret 2012 17.25

Bener gan ..terkadang kita cari murah kapasitas banyak..ehh malah masalah di kemudian hari..tipsnya terima kasih mudah2an dapat jadi pegangan saya untuk memilih housting

Jefry on 7 Juni 2012 02.14

denger2 idwebgost juga merupakan salah satu registrar domain dari ICANN, jadi salut ni saya

Leave a Comment

Silakan berkomentar dan Tuliskan pendapat anda disini!