Kamis, 03 Februari 2011

Obat Asam Urat dan Pantangan Asam Urat

info terbaikDownload Panduan Lulus Tes PNS disini.....

Asam urat adalah produk limbah biasanya hadir dalam darah sebagai akibat dari pemecahan purin. Jumlah asam urat yang berlebihan dapat menyebabkan timbunan seperti kristal di dalam sendi dan menyebabkan asam urat. Artikel ini akan sedikit mengupas mengenai asam urat dan pengobatannya yang mungkin bisa membantu kawan sekalian.


Gejala asam urat
Gejala-gejala, sejauh seseorang yang menderita serangan asam urat maka yang bersangkutan akan melihat seperti kemerahan, pembengkakan, peradangan dan sakit yang tak tertahankan pada sendi yang terkena. Jempol kaki sejauh ini merupakan wilayah yang paling sering terkena serangan nyeri, tapi sendi yang lain juga bisa terkena seperti, siku, lutut pergelangan tangan, jari, dll.

Serangan nyeri seperti ini biasanya akan mengganggu pekerjaan dan kehidupan sosial orang yang mengidap penyakit ini, karena rasa sakit yang teramat, dan pembengkakan membuat anda serasa tidak bisa menikmati keadaan sekitar seperti biasanya, mencoba untuk tidur di malam haripun bisa menjadi sebuah 'mimpi buruk' - karena Anda tidak bisa menahan nyeri bahkan sentuhan dari sedikit sprei.

Jadi apa yang menyebabkan semua ini?

Kadar ASAM URAT yang TINGGI
Akar penyebab adalah ketidakmampuan ginjal anda untuk memproses dan membuang kelebihan asam urat keluar dari sistem tubuh kita. Tapi dari mana asal asam ini? Asam ini terjadi secara alami dalam tubuh manusia sebagai produk sampingan dari salah satu proses normal tubuh kita yang menyediakan protein dan energi yang kita butuhkan untuk bertahan hidup.

Senyawa kimia yang dikenal sebagai "purin" yang merupakan elemen kunci dalam mengubah makanan menjadi energi dan gen menjadi protein. Ketika proses konversi terjadi, purin terpecah dan asam urat dilepaskan sebagai produk sampingan ke dalam aliran darah kita. Purin juga terdapat pada makanan kita, oleh karena itu penting untuk menjaga menu makanan yang sehat.

Pada tahap selanjutnya, biasanya ginjal akan memproses dan membuang keluar kelebihan asam urat dari sistem tubuh sehingga tingkat tidak akan membuat masalah pada darah. Tetapi jika ada terlalu banyak asam yang diproduksi, atau, kerja ginjal terlalu sedikit, maka kelebihan asam urat masih dipertahankan dalam darah. Kelebihan ini kemudian dapat menetap di sendi dan jaringan sekitarnya dalam bentuk kristal serasa seperti jarum tajam yang kemudian menyebabkan gejala-gejala nyeri.

PENGARUH dari gejala ASAM URAT yang TINGGI dan asam urat yang terus Berulang
Dalam jangka panjang, serangan rutin seperti encok dapat menyebabkan sendi permanen rusak karena sering terjadi pengendapan kristal asam akibat dari kristal seperti jarum kecil yang berkumpul di area sendi dan sekitar jaringan.

Juga,tingkat tinggi asam urat yang terlalu tinggi bisa mengkristal dalam urin dan akhirnya membentuk batu ginjal yang sangat menyakitkan dan bisa memblokir rute dari ginjal menuju kandung kemih Anda.

Efek ini perlu dipertimbangkan secara serius, karena sekali setelah mengalami satu serangan nyeri seperti ini, Anda mungkin untuk terus menderita serangan encok berulang jika Anda tidak dapat mengatur kadar asam urat dengan benar.



Makanan pantangan Asam Urat (Sebaiknya dihindari)

Daging: produk daging Semua seperti roti manis dan Organ dari daging seperti hati dan jantung memiliki tingkat purin tertinggi dan merupakan penyebab utama asam urat tinggi. Daging hewan bertipe "red meat" seperti daging sapi, daging babi dan makanan laut harus benar-benar dihindari, "white meat" seperti unggas dapat dimakan dalam jumlah sedang. Daging olahan seperti bacon, sangat tinggi purin dan sangat tidak disarankan.

Ragi: Makanan yang mengandung ragi seperti roti, bir dan minuman alkohol, mengandung jumlah asam urat tinggi. Alkohol khususnya dikenal untuk menghambat ekskresi ginjal di ginjal, sehingga mengakibatkan tinggi tingkat asam urat.

Seafood: Seafood seperti sarden, ikan trout, tuna, ocean perch, ikan teri, ikan haring, ikan halibut, salmon, udang dan lobster memiliki kadar purin tinggi.

Kacang-kacangan: Kalaupun mau makan kacang, seperti kacang kering dianjurkan hanya dalam jumlah sedang untuk mengontrol kadar asam urat.

Sayuran: Sayuran seperti asparagus, kembang kol, jamur dan bayam juga makanan yang mengandung purin sedang 900-100 mg purin dalam 100 gram makanan.

Kafein: Konsumsi kafein yang ditemukan dalam produk seperti kopi, teh, kacang-kacangan dan daun tanaman banyak diketahui meningkatkan kadar asam urat dan memperburuk kondisi nyeri. Sebaliknya, coba kopi tanpa kafein yang sebenarnya membantu mengurangi kadar asam urat.

Selain itu, orang yang cenderung memiliki tingkat asam urat tinggi juga harus menghindari beberapa makanan pembentuk asam seperti sirup yang diproses, jus buah dikemas, saus, acar yang dijual komersial dan pemanis buatan


Pengobatan Alami untuk Rasa ngilu akibat Asam urat

Berikut ini beberapa obat asam urat alami:


  1. Konsumsi semangkuk buah ceri sehari-hari. Ceri telah membuktikan sifat anti-inflamasi(peradangan) dan antioksidan.

  2. Minum minimal 2 liter air setiap hari. Air membantu ginjal berfungsi lebih efektif dan juga membantu untuk membuang asam urat dari sistem anda.

  3. Minum cuka sari apel mentah, dan tidak disuling, yang dapat menyesuaikan pH darah dan sehingga membantu mengurangi asam urat tinggi. Hanya campuran 3 sendok teh dalam segelas 2.36 liter air hangat dan campuran dalam beberapa madu untuk rasa. Minum 3 kali sehari.

  4. Lakukan baik kompres panas dan kompres dingin pada daerah yang terkena. 3 menit panas diselingi dengan 30 detik dingin dapat menghilangkan rasa sakit dan meningkatkan sirkulasi.

  5. Mengganti menu makanan menjadi diet rendah asam urat, atau makanan kadar purin rendah. Banyak makanan yang tinggi atau sangat tinggi purin dan ini perlu dihindari atau paling tidak berkurang.


LANGKAH BERIKUTNYA

Walaupun cara ini efektif, tapi anda perlu untuk menyelidiki masalah mendasar lain seperti kondisi kesehatan Anda secara keseluruhan, kondisi medis, sejarah keluarga, berat badan, dll Kuncinya di sini adalah menemukan cara untuk mencegah rasa ngilu/nyeri datang kembali, karena serangan ngilu yang sering bisa membuat sendi anda rusak secara permanen dan mungkin merambat ke masalah ginjal.

Sebagai catatan, rasa nyeri tidak selamanya akibat asam urat. Untuk memastikan penyakit nyeri/ngilu akibat asam urat, segera lakukan tes darah yang umumnya bisa dilakukan dengan mudah pada laboratorium manapun/konsultasi ke dokter.

PS: Sangat dianjurkan untuk SELALU berkonsultasi dan menanyakan kasus asam urat kepada para ahli medis,dokter sebelum mengambil langkah pengobatan.

Ayo Gabung FansPage di Facebook!!

Yuk Komentar/Diskusi tentang "Obat Asam Urat dan Pantangan Asam Urat" di Facebook.