Selasa, 18 Januari 2011

Kanker Serviks - Kanker Rahim Penyebab, Pencegahan, Tanda, Ciri Ciri Kanker Serviks

info terbaikPanduan Lulus Tes PNS 2013 disini.....

Apa itu kanker serviks?

Kanker serviks juga biasa dikenal dengan kanker leher rahim. Serviks terletak pada bagian posisi terendah dari rahim wanita.Sebagian besar rahim terletak di panggul, tapi bagian dari serviks terletak di vagina, di mana ia menghubungkan rahim dengan vagina.

Kanker serviks terjadi ketika sel-sel dari perubahan leher rahim dengan cara yang mengarah pada pertumbuhan secara tidak normal dan invasi jaringan lain atau organ-organ tubuh. Seperti semua kanker pada umumnya, kanker leher rahim jauh lebih mungkin untuk disembuhkan jika dideteksi dini dan segera diobati.

Seperti di banyak kanker, anda mungkin tidak memiliki tanda-tanda atau gejala kanker serviks setelah akhirnya berkembang sampai ke tahap berbahaya.
Kanker Serviks
Penyebab Kanker Serviks
Human papilloma virus atau HPV adalah penyebab utama kanker serviks. Ada berbagai jenis HPV. Tetapi ada jenis lain HPV yang dianggap 'berisiko tinggi' untuk kanker leher rahim. HPV diturunkan dari orang ke orang lain melalui kontak seksual.

Wanita yang terkena kanker serviks telah mengalami infeksi sebelumnya oleh virus HPV. Jenis HPV risiko tinggi dapat menyebabkan perubahan dalam sel-sel yang menutupi leher rahim yang membuat mereka lebih mungkin untuk menjadi kanker pada waktunya. Tapi kebanyakan wanita yang terinfeksi dengan virus ini TIDAK terkena kanker serviks. Jadi faktor-faktor lain juga harus diperlukan.Lain risiko

Wanita yang merokok lebih mungkin untuk mendapatkan kanker leher rahim dibandingkan mereka yang tidak. Minum pil dapat meningkatkan risiko seorang wanita dari kanker serviks. Tidak jelas mengapa hal ini. Perempuan dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah juga lebih mungkin untuk mendapatkan kanker leher rahim, seperti juga mereka yang telah memiliki anak dalam jumlah yang banyak.

Ciri-ciri kanker serviks

Pada tahap awal, tanda tanda kanker serviks jarang ada gejala nyata. Menjalani Pap smear secara teratur dapat mendeteksi perubahan awal serviks abnormal yang dapat menyebabkan kanker serviks jika dibiarkan tidak diobati. Pap smear rutin merupakan kunci untuk deteksi dini perubahan serviks dini dan kanker serviks.

[Tes Pap smear adalah tes skrining untuk memeriksa perubahan sel-sel leher rahim Anda yang mungkin berkembang menjadi kanker nanti. Ini adalah prosedur yang cukup sederhana dimana sampel sel-sel yang dikumpulkan dari leher rahim Anda dan dikirim ke laboratorium untuk analisis. Tes ini memakan waktu hanya beberapa menit dan dapat dilakukan oleh perawat atau dokter.]

Saat kanker serviks berlangsung, gejala-gejala mulai untuk bermunculan. Tanda dan ciri ciri kanker serviks / kanker rahim antara lain:

  • Perdarahan vagina abnormal, termasuk perdarahan pasca-coital
  • Rasa sakit saat hubungan seksual
  • Sakit di bagian panggul
  • Vagina terasa nyeri/berat.
    Terasa seperti adanya volume cairan vagina yang meningkat. Ini bisa jadi juga merupakan gejala kanker serviks. Cairan bisa jadi berbau busuk, berair, tebal, atau mengandung lendir. Kondisi ini bervariasi pada setiap wanita. Sangat penting untuk melaporkan setiap gejala keputihan yang tidak normal ke dokter Anda.
  • Nyeri saat buang air kecil.
    Sakit kandung kemih atau sakit saat buang air kecil bisa menjadi gejala kanker serviks stadium lanjut. Gejala kanker rahim biasanya terjadi ketika kanker telah menyebar ke kandung kemih.

Bagaimana mengurangi, mencegah resiko anda dari kanker serviks?
Untuk tahap pencegahan dan cara mencegahnya.
  • Lakukan Tes Pap smear secara teratur. Pap smear dapat menjadi pertahanan terbesar untuk kanker serviks. Pap smear dapat mendeteksi perubahan leher rahim secara dini sebelum mereka berubah menjadi kanker. Konsultasi dengan dokter anda berapa kali sebaiknya anda melakukan tes pap smear.

  • Batasi jumlah pasangan seksual yang Anda miliki. Studi menunjukkan wanita yang memiliki banyak pasangan seksual meningkatkan resiko mereka untuk terserang kanker serviks. Akrivitas ini juga meningkatkan resiko mereka terserang virus HPV.

  • Berhenti merokok atau (menghindari asap rokok sebisa mungkin). Merokok meningkatkan resiko terkena kanker, termasuk kanker serviks. Aktivitas Merokok dikombinasikan dengan infeksi HPV sebenarnya dapat mempercepat displasia serviks. Langkah terbaik adalah untuk membuang kebiasaan ini.

  • Jika anda aktif secara seksual, setidaknya gunakan kondom. Berhubungan seks tanpa kondom menempatkan Anda pada risiko untuk HIV dan PMS lain yang dapat meningkatkan faktor risiko untuk mengembangkan kanker serviks.

  • Dapatkan vaksin HPV. Jika Anda berada di bawah 27, Anda mungkin berhak untuk menerima vaksin HPV, yang mencegah HPV berisiko tinggi pada wanita. Vaksin HPV, Gardasil, telah disetujui oleh FDA (Food and Drugs Administration) untuk diberikan kepada gadis-gadis muda umur 9. Vaksin ini paling efektif jika diberikan kepada perempuan muda sebelum mereka menjadi aktif secara seksual.

Ayo Gabung FansPage di Facebook!!

Yuk Komentar/Diskusi tentang "Kanker Serviks - Kanker Rahim Penyebab, Pencegahan, Tanda, Ciri Ciri Kanker Serviks" di Facebook.

15 komentar:

kanker serviks on 23 April 2011 04.05

wa bahaya juga kanker serviks

Beautylova on 1 Agustus 2011 02.43

apa semua tanda-tanda itu sudah menunjukan gejala kanker?bgm kalaun hanya 1 saja?

yuliz on 13 September 2011 02.21

apakac loe saat datang bvlan terasa nyeri tdq biza mmpvnyai anak n apkc trmasvq trkena kangker servik

Rani Fitriani on 20 September 2011 22.18

subhanallah takut sekali,,,,

Akang Tea OOwwhh on 6 Oktober 2011 20.15

wah, istri Q klo abis hubungan suka ngeluarin darah,, gmn ini dok???
klo pap smear d lab mn bisa nya?

buah merah on 5 Desember 2011 20.14

gerii, ya, semoga istriku tidak mengalaminya...

Anonim on 12 Desember 2011 09.35

lembab udah dari sononya.
juvnkfood yes, cepat sehat dan bergizi.
rokok yes, kasih devisa pada negara.
virus HPV tau... wakakak..emangnya enak makan rudal eks lokalisasi.

olvie on 12 Desember 2011 22.08

Makasih Infonya

Anonim on 23 April 2012 01.12

Kalo masukin jari ke dalam vagina ada semacam daging, tapi ngak sakit,tapi keputihannya banyak apakah itu sudah termasuk tanda2 kanker. soalx setelah melahirkan sempat pendarahan karena bekas jahitan terlepas tapi nggak di jahit lg coz katanx biar nunggu anak ke dua....apakah nggak berpengaruh?

obat alami sifilis on 16 Juni 2012 22.20

terimaksih untuk infonya gan..

vhy kwangMin on 26 Juli 2012 03.43

.Bagaimana klo diantara ciri-ciri itu cuma satu yang ada sma Qta??

Anonim on 26 Agustus 2012 23.11

rasa gatal ada bintik2 d daerah kwanitaan pa tu tandaa2 kankef servik dok???

Anonim on 11 September 2012 02.04

Itu ciri2 wanita terkena PMS.

endra keren on 29 September 2012 07.13

seraaam... mgkin bg pr wanita spt qt,,, itu adl momok kasehatan... smga qt brada pada zona aman...
makacih ya infonya

gina on 1 November 2012 23.35

mksh infox....

Leave a Comment

Silakan berkomentar dan Tuliskan pendapat anda disini!