Rabu, 07 November 2012

Materi Tes Toefl dan Biaya Tes Toefl

info terbaikDownload Panduan Lulus Tes PNS disini.....

TOEFL merupakan singkatan dari Test of English as a Foreign Language. TOEFL adalah standardisasi kemampuan bahasa inggris seseorang secara tertulis yang meliputi tiga aspek: listening, writing, dan reading. Sistem penilaian TOEFL menggunakan konversi dari setiap jawaban yang benar. Nilai TOEFL tertinggi yang bisa dicapai seseorang adalah 675. Namun berdasarkan pengalaman saya, kisaran nilai tes TOEFL adalah antara 300-600.



Berikut adalah Materi toefl: 
  • Listening Comprehension
    listening comprehension merupakan bagian pertama dari materi tes TOEFL. Bagian ini terdiri dari 50 pertanyaan yang dalam lembar jawabannya hanya tersedia pilihan jawaban untuk masing-masing pertanyaan. Bagian listening ini terdiri dari mendengarkan 3 jenis percakapan yaitu: Percakapan pendek, percakapan panjang, dan cerita panjang.

    a. Percakapan pendek: biasanya terdiri dari 2 baris dan dialog antara 2 pembicara. Terdapat 30 pertanyaan dengan 30 jawaban untuk jenis soal percakapan ini.

    b. Percakapan panjang: terdiri dari beberapa percakapan antar 2 orang yang akan dipergunakan untuk menjawab pertanyaan. Jumlah pertanyaan untuk setiap percakapan kurang lebih 4 pertanyaan.
    Tips penting: Jika punya waktu, lihat jawaban-jawaban yang tersedia sebelum percakapan dimulai.

    c. Cerita panjang: Pada bagian ini, Anda akan mendengarkan seseorang bercerita tentang beberapa permasalahan baik itu di kampus atau kehidupan sehari-hari.

  • Struktur dan Written Expression
    Jenis pertanyaan struktur merupakan pertanyaan dengan pilihan berganda dimana diperlukan pengetahuan tentang grammar. Dengan Grammar anda pasti berpikir ini sulit untuk dipahami tapi tenang saja dengan mengikuti tips dibawah ini, Anda akan mudah mengerjakan soal-soal tersebut. Beberapa tipsnya:
    1. Pelajari kalimatnya: Untuk menganalisa jenis jawaban apa yang dibutuhkan untuk melengkapi kalimat.

    2.Pelajari setiap jawaban dalam melengkapi kalimat: Buang jawaban yang menurut anda tidak benar dalam melengkapi kalimat.

    3. Jika menganalisa jawaban, jangan membuang jawaban yang salah tanpa mencocokkan dengan kalimat: Jawaban yang salah secara umum dapat merupakan kalimat yang benar bila berdiri sendiri. Jawaban yang salah secara umum akan salah bila dipergunakan dalam melengkapi suatu kalimat.
    Written expression merupakan soal yang membutuhkan pengetahuan anda terhadap kalimat yang terdapat dalam soal. Prosedur umum mengerjakan pertanyaan bentuk written expression adalah dengan melihat kata yang digaris bawahi (memilih secara langsung yang menurut kita kata tersebut salah), Jika tidak dapat memilih, maka bacalah secara komplit kalimat dalam soal.

  • Reading
    Reading merupakan suatu kumpulan cerita yang mempunyai tema. Sesi ini biasanya terdiri dari 50 pertanyaan dengan waktu menjawab 55 menit.
    Strategi umum dalam mengerjakan soal membaca.
    1. Jangan terlalu lama membaca soal
    Kita sebenarnya tidak harus terlalu mengerti jalan cerita soal tersebut untuk bisa menjawab pertanyaan tes TOEFL.

    2. Jangan panik bila tidak mengetahui topik dari cerita
    Seluruh informasi untuk menjawab telah tersedia dalam cerita tersebut. Tidak dibutuhkan latar belakang pengetahuan untuk menjawab setiap cerita.

    3. Jangan menggunakan waktu lama dalam menganalisa jawaban. Jika tidak yakin...tebaklah... atau kembali ke pertanyaan setelah seluruh pertanyaan selesai.

Informasi seputar biaya tes TOEFL:

ITP-TOEFL itu adalah TOEFL dengan sistem PBT (paper based) yang dikeluarkan oleh ETS, New Jersey. Jika anda mengikuti ITP TOEFL maka harga biaya tes TOEFL ITP tersebut adalah: US$ 27.50 atau sekitar Rp. 280.000.

Lokasi test bisa dilaksanakan di ILC. Tapi syaratnya, peserta test harus ada minimal 10 orang, dan pendaftaran harus 3 minggu sebelum test. Kalau belum 10 orang peserta, test bisa mundur.


Jika test TOEFL yang anda maksud bukan ITP-TOEFL yang dikeluarkan BUKAN oleh ETS, New Jersey (dari institusi lain), harganya bisa bervariatif tergantung institusi yang mengadakan.

Ayo Gabung FansPage di Facebook!!

Yuk Komentar/Diskusi tentang "Materi Tes Toefl dan Biaya Tes Toefl" di Facebook.

1 komentar:

tricajus on 27 November 2012 pukul 21.44

pusyiang dah bahasa ingris,,,, >

Leave a Comment

Silakan berkomentar dan Tuliskan pendapat anda disini!