Rabu, 15 Desember 2010

Bahaya Ponsel Bagi Kesehatan

info terbaikDownload Panduan Lulus Tes PNS disini.....

Bahaya Ponsel Bagi Kesehatan - Ponsel memang sangat umum digunakan karena mereka menawarkan cara yang nyaman untuk tetap berhubungan bahkan ketika Anda sedang keluar rumah. Ponsel memberikan kita media untuk selalu berkomunikasi dengan orang sekitar kita.

Kebanyakan pengguna telepon seluler tidak berpikir tentang kemungkinan efek buruk atay dampak ponsel bagi kesehatan manusia, tetapi beberapa orang percaya bahwa ponsel dapat menyebabkan tumor otak dan masalah kesehatan lainnya. Mungkin juga ada bahaya yang tidak langsung terhadap kesehatan disebabkan oleh ponsel menggunakan saat mengemudi, yang mengalihkan perhatian Anda dari jalan.
pengaruh ponsel terhadap otak manusia
Fungsi
Layaknya seperti alat elektronik lainnya, ponsel memancarkan tingkat rendah energi frekuensi radio. Ketika sedang dipakai, FDA (Food and Drug Administration) mengatakan, tingkat energi ada dalam rentang frekuensi gelombang mikro. Bila dalam modus siaga, tingkat akan berkurang secara signifikan.

Efek
Beberapa orang percaya bahwa jumlah energi RF(Radio Frequency) yang dipancarkan oleh telepon seluler bisa berbahaya. FDA mengatakan bahwa tingkat tinggi dapat menyebabkan pemanasan jaringan tubuh kita, meskipun tingkat rendah tidak memiliki efek yang sama. Beberapa studi telah menunjukkan bahwa tingkat energi RF yang tinggi dapat menyebabkan perubahan biologis pada hewan. Namun, FDA mengatakan studi tidak definitif karena hasilnya tidak dapat direplikasi secara terpercaya.

Kerentanan
Meskipun tingkat tinggi energi RF dapat memanaskan jaringan tubuh manusia, FDA mengatakan ini umumnya tidak masalah kecuali di beberapa daerah rawan saja. Pada tubuh manusia, ini termasuk mata dan testis pria karena kedua daerah ini memiliki aliran darah kurang untuk mengangkut panas tambahan yang dihasilkan oleh energi RF. Namun, ponsel tidak menghasilkan cukup tinggi tingkat energi RF dapat menyebabkan kerusakan kecuali sedang tidak digunakan, dan mereka biasanya tidak cukup dekat ke daerah-daerah sensitif tersebut untuk periode lama waktu yang diperlukan untuk menyebabkan kerusakan.

Risiko Mengemudi
Menggunakan Telepon selular meningkatkan risiko mengalami kecelakaan mobil bila telepon digunakan saat mengemudi karena mengalihkan perhatian anda, contohnya mengetik sms ketika mengemudi. Menurut The New York Times, sebuah studi 2003 menunjukkan bahwa menggunakan ponsel hands-free tidak mengurangi resiko kecelakaan. Menurut penelitian, ada 955 kecelakaan fatal dan 240.000 kecelakaan secara keseluruhan pada tahun 2002 yang berkaitan langsung dengan penggunaan telepon seluler oleh pengemudi.

Interferensi Peralatan Medis
Ponsel dapat memiliki efek pada kesehatan dengan mengganggu perangkat medis tertentu seperti alat pacu jantung. Menurut FDA, RF yang dihasilkan oleh ponsel dapat memblok fungsi alat pacu jantung atau membuat tindakan tak menentu. Namun, gangguan ini tidak umum, dan kemungkinan dapat dikurangi dengan tindakan pencegahan sederhana. FDA merekomendasikan bahwa pengguna alat pacu jantung meletakkan ponsel mereka sampai ke telinga pada sisi berlawanan dari alat pacu jantung. FDA mengatakan mereka tidak harus membawa ponsel mereka di dalam saku dekat alat pacu jantung.

Pencegahan
Rekomendasi dari FDA mengatakan penggunaan perangkat hands-free bagi pengguna telepon seluler yang khawatir tentang efek ponsel terhadap kesehatan. Namun, perangkat hands-free belum terbukti mengurangi kemungkinan kecelakaan mobil bagi pengguna ponsel. Kecelakaan dapat dicegah dengan menarik lebih dari sebelum menggunakan telepon seluler sambil mengemudi mobil.

Ada komentar dan pendapat? Ditunggu ya.

tag: pengaruh ponsel terhadap kesehatan

Ayo Gabung FansPage di Facebook!!

Yuk Komentar/Diskusi tentang "Bahaya Ponsel Bagi Kesehatan" di Facebook.

4 komentar:

edo on 17 Desember 2010 pukul 05.45

so gimana cara menghindarinya, secara kita gak lepas dari HP sehari hari?

aris on 1 Januari 2011 pukul 21.38

namanya teknologi, ada dampak + ada dampak -.....

Rani Fitriani on 20 September 2011 pukul 21.14

Subhanallah sungguh ngeri sekali,,,

kiky on 1 Desember 2011 pukul 05.55

hmm emang ngeri banget sih, tapi kan mau gimana lagi?
tiap saat aja ga bisa lepas sama yang namanya handphone .

Leave a Comment

Silakan berkomentar dan Tuliskan pendapat anda disini!